Mengecilkan Perut Dengan Makanan Alami Ini

ROMADHON.ID, TANJUNG ENIMMemiliki bentuk tubuh ideal barangkali menjadi impian setiap orang. Tujuannya bukan hanya agar terlihat menarik, tapi juga agar terhindar dari berbagai penyakit.

Misalnya saja, menurut pengukuran antroprometri, tubuh ideal dikategorikan berdasarkan indeks massa tubuh (IMT) yang dianggap ideal. Ukurannya adalah sekitar 18 sampai 25.

Seorang dikatakan kurus bila IMT-nya kurang dari angka 18. Sementara kategori kegemukan dikategorikan lebih dari angka 25. Jika IMT lebih dari angka 30 mesti diwaspadi. Sebab angka ini merujuk pada risikio obesitas.

Biasanya orang orang dengan obesitas juga rentan menderita penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, hipertensi, hiperkolesterol dan kelainan metabolisme lainnya. Seseorang memerlukan pemeriksaan lanjut baik klinis atau laboratorium jika sudah terserang penyakit tersebut.  

Pengukuran antropometri lain yang sering digunakan adalah mengukur rasio Lingkar perut dan Lingkar Pinggang (RLPP). Pada perempuan, RLPP disarankan kurang dari angka 0,8. Sedangkan RLPP ideal pada pria tidak melebihi angka 1.

Penilaian RLPP ini cukup penting karena untuk mengetahui risiko menderita penyakit kardiovaskular. Misalnya saja, seseorang dengan RLPP diatas kategori ideal mempunyai risiko menderita penyakit jantung lebih besar ketimbang yang memiliki RLPP dibawah ambang batas.

Namun tenang saja. Anda masih bisa mendapatkan ukuran tubuh ideal. Salah satunya dengan meningkatkan kesehatan jasmani dan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Berikut makanan dan minuman yang dapat mengecilkan perut yang dilansir dari Food Prevent.

1. Mentimun

Mentimun merupakan salah satu pangan yang bisa membantu mengecilkan lingkar perut Anda. Sebab mentimun tinggi akan serat yang  merupakan kunci dalam proses pencernaan.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang kaya akan antioksidan yang menunda pertumbuhan radikal bebas di dalam tubuh. Lidah buaya juga mampu melancarkan pencernaan dan membebaskan Anda dari sembelit. Sebab kandungan lidah buaya juga disebut-sebut mampu meningkatkan bakteri baik dalam usus.

3. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Antara lain adalah untuk meningkatkan metabolisme, membantu mencairkan lemak perut, dan mencegah sembelit.

Selain itu senyawa dalam jahe membantu mengatur gula darah dalam tubuh. Hal ini pada gilirannya mencegah makan berlebihan.

4. Lemon

Sudah bukan rahasia jika lemon merupakan buah segar yang kaya akan vitamin C. Ini merupakan zat antioksidan pembasmi racun dalam tubuh yang juga mampu meningkatkan energi.

5. Ketumbar

Ketumbar juga memiliki manfaat untuk membantu mengecilkan perut. Soalnya, ketumbar mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang mampu mengurangi retensi air. Sehingga ketumbar menjadi makanan tepat untuk menurunkan berat badan Anda.

Loading...
settia
Share on Google Plus

Tentang Kami RBNS Movie

Seword.Com - Special Word Media Adalah Sebuah Blog Online Yang Membahas Berbagai Macam Topik Atau Berita Yang Sumber Informasinya Berasal Dari Berbagai Media Online Terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar