Mesin menggantikan tenaga kuda, dan formasi lapis baja digunakan untuk memenangkan peperangan.
Volkswagen yang bertujuan untuk membuat mobil rakyat mengubah produksinya untuk fokus membantu kepentingan militer.
Tak hanya VW saja, perusahaan militer lain juga bermunculan untuk mendukung Nazi berperang. Berikut kendaraan lapis baja andalan Nazi Jerman selama Perang Dunia II:
1. Kfz 13 Adler
Hitler dan petinggi Nazi membawa Jerman kembali ke peperangan.
Mereka mulai membuat kendaraan yang layak digunakan di medan perang.
Beberapa perusahaan mulai mengembangkan kendaraan tempur dengan lapis baja.
Pada 1932, tentara Jerman menggunakan mobil lapis baja pertama, yakni Kfz 13.
Kendaraan roda empat ini memiliki dua peran, yakni sebagai pengintai dan perlindungan yang mereka butuhkan untuk mengamati posisi musuh dengan aman.
Kfz 13 Adler dilapisi dengan armor 8 mm dengan dukungan senapan angin MG 13.
Dalam produksinya, mobil ini dibuat cepat dan mudah karena menggunakan sasis mobil yang tersedia secara komersial.
Kfz 13 masih digunakan pada tahun 1941, ketika beberapa digunakan dalam Operasi Barbarossa. Setelah itu digunakan untuk kendaraan pelatihan.
2. SD Kfz (Sonderkraftfahrzeug) 221 dan 222
Kendaran ini dibuat oleh perusahaan Auto-Union/Horch dan digunakan sejak 1935.
Desain kendaraan ini dibuat oleh Eisenwerk Weserhutte. Sd Kfz 221 adalah mobil lapis baja untuk menggantikan Kfz 13 dengan teknologi yang lebih berkembang.
Kali ini, perusahaan menggunakan sasis khusus yang lebih kuat untuk keperluan militer dengan mesin belakang dan empat roda.
Kendaraan lapis baja ini juga cocok untuk perjalanan lintas negara, dengan pelindung sisi yang miring.
SD Kfz 221 juga dibekali dengan senapan 7.93 mm dan perlengkapan anti-tank.
Pada 1938, versi yang ditingkatkan dirilis, yaitu Sd Kfz 222, dengan desain berbeda pada bagian badan.
Senjata utama digantikan dengan meriam otomatis 20 mm.
Mesin ditambahkan dayanya untuk bisa berjalan pada segala medan.
3. Sd Kfz (Sonderkraftfahrzeug) 231
Meskipun desain sudah dimulai pada 1920-an, namun memerlukan beberapa tahun untuk membuat kendaraan ini sepenuhnya.
Sd Kfz 231 merupakan kendaraan lapis baja menggunakan roda enam pertama.
Sd Kfz 231 muncul dalam model yang berbeda sesuai dengan produsennya masing-masing, yakni dari Daimler-Benz, Bussing-NAG, dan Magirus.
Ketiga model dibangun dengan spesifikasi yang sama.
Jadi meskipun ada perbedaan dalam detail, mereka sebagian besar serupa.
Setiap sasis dibangun menggunakan desain truk dan ditambahkan elemen besi untuk memperkuat sisi militernya.
Kendaraan ini menggunakan mesin di depan. Selain itu juga didukung dengan armor anti peluru 8-15 mm sehingga memberi ketahanan terhadap gempuran dan tembakan.
Untuk meriamnya menggunakan 20 mm dan senapan mesin 7.92 mm.
Sekitar 1.000 Sf Kfz 231 diproduksi pada 1936. Ssaat itu, mereka digantikan oleh kendaraan roda delapan yang lebih baik.
Kendaraan ini digunakan dalam invasi Jerman ke Polandia dan Perancis, kemudian dipindahkan ke keamanan internal dan pekerjaan pelatihan.
4. Sd Kfz (Sonderkraftfahrzeug) 232
Tak lama setelah pengembangan Sd Kfz 231 roda enam, militer mengeluarkan persyaratan untuk mobil lapis baja roda delapan.
Perusahaan militer Bussing-NAG sebelumnya menciptakan sasis untuk truk lintas negara roda delapan yang dibatalkan, dan ini diadopsi untuk membentuk dasar dari mobil lapis baja baru, Sd Kfz 232. Sd Kfz 232 memiliki tubuh berlapis baja yang dibuat di atas sasis yang relatif ramping.
Kendaraan lapis baja ini dilengkapi dengan dengan senapan mesin 7.92 mm dan meriam otomatis 20 mm.
Fitur yang paling khas dari kendaraan ini adalah cara roda mereka diatur dan dikendalikan oleh operator yang ada di dalam kendaran ini.
Kedelapan roda keduanya dapat dikendalikan dan dikemudikan.
5. Sd Kfz (Sonderkraftfahrzeug) 234
Pada 1940, kendaraan lapis baja roda delapan sudah ada dan telah menggunakan mesin yang lebih modern.
Pada 1940, kendaraan lapis baja roda delapan sudah ada dan telah menggunakan mesin yang lebih modern.
Setelah itu, Nazi Jerman mulai mengembangkan kendaraan yang lebih kuat lagi dan menghasilkan Sd Kfz 234.
Kendaran lapis baja ini menggunakan sasis dan suspensi yang lebih kuat.
Kekuatan dan ketebalan armor ditambahkan serta dengan kapasitas bahan bakar yang lebih besar dengan menambahkan rem udara.
Sementara bagian mesinnya dilengkapi pendingin udara. Salah satu alasan utama untuk mendesain Sd Kfz 234 lebih baik lagi dari sebelumnya agar bisa disesuaikan dengan pertempuran dalam kondisi yang lebih besar.
Mobil lapis baja roda delapan Jerman adalah salah satu kendaraan perang terbaik di negara itu, yang digunakan secara luas dan efektif dalam kampanye di seluruh Eropa.
Sumber Berita Ini Dari https://internasional.kompas.com/read/2019/05/30/19452031/5-kendaraan-lapis-baja-andalan-nazi-jerman-pada-perang-dunia-ii?page=all.
Sumber Berita Ini Dari https://internasional.kompas.com/read/2019/05/30/19452031/5-kendaraan-lapis-baja-andalan-nazi-jerman-pada-perang-dunia-ii?page=all.
Loading...
0 komentar:
Posting Komentar